Review: Odessa Cosmetics Lip Matte Cream [SPONSORED]

by - 10:26 PM

Tren matte lip cream ini sepertinya masih going strong ya sampai 2018 ini, dan merek lokal Indonesia juga masih berlomba-lomba mengeluarkan produk matte mereka dalam versi krim. Dari sisi konsumen, aku juga suka model lip cream seperti ini khususnya saat membutuhkan pengaplikasian yang cepat dan ketahanan produk yang luar biasa sepanjang hari, seperti misalnya di hari-hari sibuk sehingga tidak sempat touch-up 😉


Di projek kolaborasi antara Surabaya Beauty Blogger dengan Eternally Beauty kemarin, aku mendapat 17 produk bibir yang terdiri dari 5 Lip Matte Cream ini dan 12 Matte Lipsticks. Aku jatuh cinta banget sama lipstik mereka yang menurutku super baguuuus untuk harga yang terjangkau, oleh karena itu aku juga punya harapan yang sama dong untuk produk lip cream-nya. Jujur, aku ini rewel banget kalau sudah berurusan dengan lip cream, karena tidak semua formula lip cream terasa nyaman di bibirku yang cenderung kering. Jadi, apakah Odessa Lip Matte Cream ini akan memenuhi ekspektasiku seperti versi lipstiknya? Baca sampai habis, ya!

PRODUCT INFO
Odessa Lip Matte Cream
Brand: Odessa
Netto Weight/Content: 4 g
Origin: Indonesia
Price: IDR 50,000
Where to Buy: Ramayana, Transmart, Carrefour, Citrus, Yogya, Matahari, Chandra Dept. Store




Kemasan dari Lip Matte Cream ini oke banget dari segi kualitas dan desain. Dus luarnya dihias dengan warna-warna cerah, serta tube produknya cantik dengan desain minimalis. Selain itu, dari lip cream lokal lain yang selama ini sudah aku coba, produk satu ini punya kemasan tube yang paling tebal dan kokoh lho! Satu lagi, aku cinta banget sama aplikatornya. Ujung aplikator dari lip cream ini pipih dan sedikit lebih panjang dari aplikator model doe-foot ini pada umumnya. Dengan bentuk seperti itu, pengaplikasian di bibir dapat dilakukan dengan lebih rapi, precise, dan cepat 😊


Lip cream ini hadir dalam 5 varian warna, yang sayangnya terlalu mirip antara satu dengan yang lainnya dan hanya berbeda secara undertone. Ada 2 warna pink, 1 nude, dan 2 merah. Akan lebih baik apabila Odessa dapat melebarkan range warna dari produk ini nantinya deh, karena aku suka banget dengan tekstur krimnya yang lembut dan nyaman di bibir. Formula dari lip cream ini juga cepat kering setelah diaplikasikan, namun tidak membuat bibir kita terasa kering atau tertarik setelah dipakai beberapa lama. Selain itu, pigmentasinya juga juara banget deh, satu kali swipe saja menurutku sudah cukup untuk meng-cover bibir. Dan yang terpenting, warna yang keluar itu sangat sesuai dengan apa yang kita lihat di dalam tube. Yep, warnanya true-to-color banget, bahkan yang nude (903 Bare Bear) sekalipun! Ketahanan dari lip cream satu ini juga oke lho, bisa tahan hingga 6 jam tanpa touch up dan tanpa makan berat.

Sayang, formula yang cakep banget ini tidak terlalu konsisten di seluruh warna Warna 902 dan 905 di aku lebih kering dan seret bila dibandingkan dengan 3 lainnya, serta sedikit menggumpal saat pengaplikasian. Sepertinya, minyak dan pigmen dalam krim di dua warna ini terpisah, sehingga teksturnya tidak senyaman yang lain. Biasanya kalau ada masalah seperti ini, kita harus “mengaduk-aduk” dulu krim didalam tube dengan aplikatornya hingga kedua bahan tersebut dapat tercampur. Sedikit membuang waktu sih, tapi lebih baik daripada lip cream-nya menggumpal di bibir.


Sekarang, yuk kita lihat satu-persatu warna dari Odessa Lip Matte Cream ini:

 901 - Pink Up Line


Pink Up Line is a berry pink. Menurutku, warna pink ini cantik sekali. Tidak terlalu ungu hingga dapat disebut fuchsia sih, namun memang undertone-nya lebih condong ke cool tone sehingga warna ini sangat universal dan flattering untuk dipakai kapanpun oleh wanita dengan berbagai warna dan undertone kulit. Salah satu warna favorit aku nih!

 902 - Mauvely In Love



Mauvely in Love is a warm pink. Namanya sedikit menyesatkan, karena warna ini sih jelas merupakan pink dengan undertone yang sangat warm. Meski lucuuu banget, menurutku warna ini sedikit tricky sih, karena ternyata undertone warm-nya cukup kencang sehingga dapat membuat gigi terlihat kuning. Oya, produk ini juga memiliki konsistensi yang sedikit lain dari warna yang lain
  
903 - Bare Bear




Bare Bear is a light, neutral pink brown. Ini adalah nude pink yang terbaik yang pernah aku punya! Proporsi antara pink dan coklatnya pas, sehingga tidak terlalu cool pink gitu namun pink-nya juga tidak terlalu warm. Pokoknya ini warna nude yang sangat-sangat aku cinta sekarang, formulanya juga yang paling oke bila dibandingkan dengan warna lainnya, serta pigmentasinya baik sehingga tidak membuat kita terlihat pucat meski lip cream ini digunakan saat bare face 😉

 904 - Enamoured




Enamoured is a cool red. THIS IS THAT ROYAL RED. Ini warna merah yang….super deep, super cantik, dan cocok untuk segala warna dan undertone kulit. Sangat universal. Formulanya juga ciamik, ketahanannya juga ciamik. Ah sudahlah, Enamoured ini top banget! Gigi dan wajah kita nampak lebih putih dan cerah dengan warna bibir seperti ini. Aku langsung teringat dengan MAC Ruby Woo, karena warna satu ini memberikan kesan elegan dan mewah yang sama!

 905 - Always Red You




Always Red You is a bright red. Ini salah satu warna yang aku banget, bright fire-hydrant red. Meski aku pecinta warna merah untuk bibir dan suka sekali dengan kemewahan dari cool red, namun merah terang seperti Always Red You ini sebetulnya merupakan warna- favoritku karena dapat membuat wajah kita lebih muda meski menggunakan lippie merah. Juga, warna ini sama universal dan flattering-nya seperti Enamoured untuk segala warna kulit. Namun sayang, formulanya boo banget untuk warna satu ini oya, warna ini juga satu-satunya warna yang feathering di aku setelah beberapa jam. Sedih banget, karena ini harusnya warna favorit aku!

Score

Last Words?
Sebetulnya, semua yang aku inginkan dari matte lip cream ada di Odessa Lip Matte Cream ini: tekstur creamy dan lembut, formula dengan pigmentasi dan color payoff yang baik, serta ketahanan yang luar biasa tanpa membuat bibir kering. Sayangnya, konsistensi dari formulanya tidak bisa dipertahankan di seluruh warna yang ada. Khususnya untuk Always Red You yang terasa paling seret di bibir bahkan feathering keluar dari area bibir dan staining Selain itu, menurutku pribadi, range warnanya masih terlalu kecil sehingga warna-warna yang tersedia ini cenderung mirip dan hanya berbeda undertone. Akan lebih baik kalau Odessa bisa menambah warna-warna lain!

***



That’s all my thoughts about these lip creams, gimana menurut kalian? Sudah ada warna yang jadi incaran untuk dibeli? Mumpung besok gajian nih. Kepoin aja dulu IG dari Eternally Beauty atau kunjungi aja konter mereka di Matahari atau Ramayana terdekat dan buruan borong lipstik ini 😉


See you on my next post, XOXO!

You May Also Like

1 kisses

  1. waktu swatch warnanya hampir sama semua, tp setelah diapalikasikan di bibir warnanya langsung keluar ya, bagus banget. Naksir sama 904, apalagi harganya terjangkau banget cyin, olala..

    ursulametarosarini.blogspot.co.id

    ReplyDelete