Review: Odessa Matte Lipstick [SPONSORED]

by - 8:32 PM

Happy weekend, Angels!

Hari ini aku akan mereview lipstik matte dari merek lokal lagi, lho! Tidak tanggung-tanggung, karena review kali ini langsung akan aku lakukan pada semua warna yang tersedia dari seri ini. Yap, ada 12 buah lipstik yang akan aku bahas hari ini, yakni: Odessa Matte Lipstick dari Eternally Beauty! Ini adalah kolaborasi pertama Surabaya Beauty Blogger dengan Eternally Beauty, jadi aku excited banget buat ikut berpartisipasi.



PRODUCT INFO
Odessa Matte Lipstick
Brand: Odessa
Netto Weight/Content: 2 g
Origin: Indonesia
Price: IDR 39,000
Where to Buy: Ramayana, Transmart, Carrefour, Citrus, Yogya, Matahari, Chandra Dept. Store




Awalnya aku juga merasa asing dengan nama Odessa, tapi tidak dengan Eternally Beauty yang ternyata merupakan perusahaan yang menaungi Odessa ini. Ternyata, Odessa juga sudah ada lho sejak tahun 1990-an, dengan konsep fun makeup untuk semua orang dengan harga yang super duper terjangkau 😉 Produk Odessa juga beragam, mulai dari bedak hingga parfum. Lipstik matte yang aku review hari ini ialah salah satu koleksi terbaru mereka yang baru aja diluncurkan awal 2017. Tanpa berlama-lama lagi, yuk kita bahas kemasannya!

Lipstik seri matte ini hadir dengan kemasan kardus yang mengingatkanku pada Kylie Cosmetics Lip Kit, betul nggak sih, dengan logo bibir yang seksi itu 😉 Di dalam, ada tube lipstik yang slim yang terbuat dari bahan plastik dengan finishing glossy dan logo Odessa yang tercetak di tutupnya. Tube lipstik ini ringan banget, jadi agak susah untuk berdiri on its own. Nggak filmsy atau ringkih sih, namun di beberapa barang, ada yang retracter atau putaran dalamnya agak longgar, sehingga lipstik dapat terputar keatas sendiri meski tutupnya masih dalam kondisi terpasang.


Oke, jadi ini dia klaim dari Odessa Matte Lipstick ini:


Seperti biasa kalau review-nya satu seri penuh seperti ini, aku akan bahas dulu performa dan kualitas secara keseluruhan dan nanti aku akan bahas secara mendetail tiap warna 😊 







Overall, menurutku lipstik ini baguuuuus banget! Sesuai dengan klaimnya, lipstik ini mudah diaplikasikan, smooth dan ringan banget di bibir. Produk ini juga nggak terasa kering lho di bibir, konsistensinya creamy, bisa diaplikasikan dengan rata meski tanpa lipbalm dibawahnya. Kebanyakan lipstik matte sih kering dan seret ya, tapi Odessa ini nggak sama sekali lho, sueeeer! 1-2 swipe saja sudah cukup, intensitas warnanya juga bagus dan coveragenya full yang secara umum konsisten, kecuali pada warna 704 Burgundy kalau di aku. Di beberapa teman yang lain, katanya ada yang bilang bahwa warna 708 Elegance yang kurang rata saat diaplikasikan, tapi di aku sih baik-baik saja. Hasil akhir dari produk ini juga merupakan tipe lipstik matte yang aku suka banget, yakni velvet finish. Tidak powdery, tidak lengket, dan juga bukan tipe matte yang “mencengkram” bibir sampai seperti cat gitu 😉

Oya, ketahanannya juga luar biasa lho! Di aku, produk ini tahan hingga 4-5 jam dan masih terlihat cantik tanpa rasa kering. Selain itu, beberapa warna yang gelap juga tahan banget meski kita makan atau minum asal bukan yang terlalu berminyak. Pudarnya juga rata, dan beberapa warna yang lebih gelap meninggalkan stain gitu sih jadi tidak sepenuhnya hilang. Hanya satu kekurangan dari lipstik ini sih menurutku, yakni banyak warna yang mirip-mirip dari 12 warna yang ada, sudah ada 3 merah dan 3 nude yang hanya berbeda undertone – ada yang lebih warm, ada yang netral dan ada yang cool. Memang sih, kalau di-swatch warnanya terlihat cukup berbeda, namun saat dipakai di bibir warna-warna ini jadi mirip. 

Okay, sekarang aku akan bahas setiap warna Odessa Matte Lipstick ini:

701 - Valentine



Valentine is an orange red. Undertone warm-nya paling kencang di warna ini bila dibandingkan dengan merah yang lain. Valentine ini ialah oranye dengan undertone merah yang strong banget, yang sangat cocok untuk musim panas dan membuat muka kita langsung fresh banget. Di beberapa orang yang mungkin memiliki kulit dengan warm undertone yang kenceng banget, warna ini dapat terlihat sangat oranye.

702 - Love



Love is a pink red. Mirip dengan Valentine, sebetulnya warna ini merupakan warna pink dengan dasar merah yang kuat dan inten. Aku lebih suka Love sih daripada Valentine, karena warnanya lebih lucu dan dapat membuat wajah terlihat lebih muda.

703 - Redwood



Redwood is a light peachy brown. Ini nude yang aku suka banget, nggak terlalu cokelat namun juga tidak terlalu peach. Perpaduan peach dan coklatnya pas banget, dan warna ini bagus banget dipasangkan dengan dandanan smokey eyes atau no makeup-makeup look.

704 - Burgundy



Burgundy is a dark wine red. Ini salah satu warna yang aku suka banget, komposisi ungu dan merahnya pas banget dan membuat wajah terlihat lebih cerah saat dipakai. Burgundy ini juga keren banget dan cocok buat makeup malam hari yang elegan, dengan memberi kesan misterius juga. Sayangnya, konsistensi dari warna ini di aku agak sedikit kurang baik, jadi agak patchy begitu saat diaplikasikan


705 - French Kiss



French Kiss is a cool, blue-toned red. Kalau di foto dia tidak terlihat terlalu berbeda jauh dengan Love, namun sesungguhnya French Kiss ini benar-benar straight up red yang betul-betul merah, jadi bukan seperti Valentine dan Love yang warna aslinya bukan merah namun nampak merah karena memiliki undertone merah yang kencang.

706 - Sweetheart



Sweetheart is a light peachy-coral. Ini juga salah satu warna yang sesungguhnya lucu banget, cocok untuk makeup-makeup light ala Korea atau Jepang yang imut gitu, namun lagi-lagi sayang konsistensinya tidak sama dengan kebanyakan lipstik dari seri ini Sweetheart ini patchy saat diaplikasikan, dan menggumpal di beberapa titik pada bibir. Aku biasanya mengakalinya dengan scrubbing bibir dulu sih, dan memakai lipbalm 1-2 jam sebelumnya baru mengaplikasikan lipstik ini 2 kali hingga rata.

707 - Cordovan



Cordovan is a light warm brown. Warna ini lebih oranye bila dibandingkan dengan Redwood, dan terlihat lebih segar di wajah saat dipakai. Cocok banget deh warna ini untuk smokey eyes yang lebih warm, atau halo eye makeup dengan aksen emas gitu.


708 - Elegance



Elegance is a berry red. Ini salah satu warna favorit aku, dia tidak segelap Burgundy namun cukup intens juga kok dan masih oke banget untuk dipakai di acara formal pada siang hari. Warna ini dewasa dan mewah banget, benar-benar sesuai namanya! Selain itu, warna-warna seperti ini cocok banget untuk semua undertone kulit, baik warm neutral, maupun cool. Must have deh pokoknya!

709 - Sunshine



Sunshine is a medium orange. Seperti namanya, warna ini segar banget dan sangat cocok untuk dipakai pada acara siang hari. Salah satu warna favoritku juga, karena oranye yang seperti Sunshine ini tidak terlalu kuat undertone kuningnya, sehingga tidak membuat wajah kita kusam 😉 Aku ialah orang yang tidak suka dan bawel banget soal lipstik oranye, namun Sunshine ini sumpah berhasil membuatku jatuh cinta!

710 - Forever



Forever is a warm medium coral pink. Ini salah satu warna favorit aku juga, cocok banget dipakai oleh remaja karena warnanya lucu dan membuat muka tampak awet muda dan fresh. Selain itu, menurutku ini juga salah satu warna yang universal dan foolproof banget deh, jadi ini must-have!

711 - Party Pop



Party Pop is a neon Barbie pink. Ini ialah satu-satunya warna pink yang ada di seri lipstik ini, dan dia warnanya neon lucu gitu! Warna ini menurutku nggak gampang untuk dipakai semua orang sih, tapi sesungguhnya lucu banget khususnya untuk kalian yang akan menghadiri pesta dengan tema fun atau pergi ke rave festival. Karena aku adalah salah satu penggemar warna pink neon yang fuchsia gini, so I love this very much too!

712 - Nude



Nude is a medium, cool brown. Warna ini ialah warna nude yang paling coklat dan undertone-nya juga lebih cool/netral dari warna-warna sebelumnya. Selain itu, warna ini juga menurutku foolproof dan cocok untuk segala warna dan undertone kulit.

odessa matte lipstick review
Swatch seluruh warna dari Odessa Matte Lipstick. Mana favoritmu?
Score
Last Words?
Overall, menurutku Odessa Matte Lipstick ini TOP BANGET deh! Harganya super murah, cuma Rp 39.000,-, dan kualitas yang kita dapatkan itu jauuuuuh banget melampaui apa yang kita bayar deh. Ini ialah salah satu lipstik matte lokal favorit aku sekarang, dan somehow menurutku jauuuuh lebih enak dari satu merek terkenal yang jadi favorit orang-orang itu 😉 

Sayang, konsistensi formulanya di 704 Burgundy dan 706 Sweetheart yang aku dapat kurang baik jadi agak patchy saat diaplikasikan. Selain 2 warna itu, top banget deh! Oya, aku juga menyayangkan banyak repeat colors ya. Semoga Odessa bisa menambah warna-warna kece di seri ini deh!

***

Itu dia pendapat aku atas ke-12 warna dari Odessa Matte Lipstick. Sejauh ini, warna favoritku adalah: Love, Elegance, Sunshine, Forever, dan Redwood! Kalau kalian sendiri, mana nih yang merupakan favorit kalian?

Jangan lupa ya kepoin IG dari Eternally Beauty atau kunjungi aja konter mereka di Matahari atau Ramayana terdekat dan buruan borong lipstik ini 😉


See you on my next post, thank you for reading!

You May Also Like

4 kisses

  1. aku sering banget liat odessa ini di toko kosmetik apartemen aku, cuma ga pernah aku hiraukan. bahkan ga pernah tau itu mereknya odessa sampai baca review kmu ini. cuma langsung ngeh pas liat foto packaging-nya. :P

    pas liat swatch-nya, cordovan kayanya kece nih. boleh mungkin nanti kapan2 aku coba juga, apalagi klo klaim kmu bilang lebih oke daripada lipstik lokal favorit sejuta umat. hehe. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, samaaa aku juga nggak pernah dengar padahal aku beberapa kali juga lho belanja di counternya Eternally, tapi nggak ngeh sama Odessa >.<

      aku bilang sih kece-kece banget Odessa ini, formulanya juga super enaaak apalagi harganya murah, dicoba aja hehe!! ini juga lebih murah kan dari yang sejuta umat itu :p jadi worth it laah hihihihi

      Delete
  2. waaaaa warnanya cakep2 bgt yawla lemes liatnya, kekepin dompet buru2 wakaka

    www.jennitanuwijaya.com

    ReplyDelete